Knife



Memilih Pisau

 

Sebelum memasuki dunia memasak, ada baiknya kita mengenal pisau. Bagi seorang chef, pisau adalah senjata yang bisa dipergunakan untuk apa saja. Seperti didunia militer, senapan laras panjang ataupun pistol adalah senjata andalannya. Seorang chef, senjata andalannya adalah pisau. Chef harus selalu menjaga senjata andalannya itu dalam keadaan selalu tajam, selalu dalam keadaan bersih dan  terlindung dari hal-hal yang dapat merusak senjata andalannya tersebut. Bila senjata andalannya tersebut selalu terjaga ketajamannya, selalu terjaga kebersihannya dan selalu terlindungi, akan sangat membantu chef tersebut dalam bekerja.

Banyak orang menganggap hanya sekedar pisau untuk memasak, ya memang banyak beredar dipasaran aneka macam pisau, pisau dengan berbagai macam harga, pisau terbuat dari berbagai macam bahan, tapi pisau yang manakah yang cocok atau harus dimiliki oleh seorang chef?.

Sebelum memutuskan untuk membeli pisau, seorang chef harus mengetahui dengan pasti bahan pembuat pisau tersebut, akan dipergunakan untuk memotong apa, handle yang nyaman di tangan dan keseimbangan pisau tersebut. Masalah harga adalah relatif, dari sudut mana anda melihatnya. Untuk seorang chef, menggunakan pisau dengan kualitas yang baik, tajam dan berharga mahal tentu dianggap murah karena akan sangat membantu chef tersebut  dalam bekerja.

Dibawah ini akan saya share pengalaman saya dalam memilih pisau semoga bermanfaat.

 

Baca juga: 11 Jenis Pisau yang Harus Anda Tahu

A. Bahan pembuat pisau:

Bahan pembuat pisau adalah yang terpenting dalam pemilihan sebuah pisau. bahan tersebut harus bisa dibuat sangat tajam. Bahan di bawah dibawah ini adalah yang umum digunakan untuk membuat sebuah pisau.

  1. Carbon steel adalah bahan yang sangat favorit karena bisa dibuat menjadi sangat tajam. Tapi disisi lain juga mempunyai kekurangan yaitu sangat mudah korosi dan berubah warna karena korosi terutama bila digunakan untuk memotong bahan makanan yang mengandung acid dan onion. Juga bisa merubah warna makanan yang dipotongnya (telur rebus matang) dan kemungkinan juga meninggalkan bau carbon steel pada makanan yang dipotong.

2. Steinless steel, pisau yang menggunakan bahan steinless steel tidak berkarat dan korosi akan tetapi akan sangat sulit untuk ditajamkan.

3. High carbon steinless steel, ini termasuk bahan baru pembuat pisau. bahan ini adalah campuran dari carbon steel dan steinless steel. Akan sangat mudah untuk ditajamkan seperti carbon steel dan tidak berkarat dan tidak korosi seperti steinless steel. Pisau dengan bahan high carbon steinless steel adalah pisau yang sangat baik digunakan dalam bekerja di dunia industri dan relatif berharga mahal.

Baca juga: Microwave cooking

B. Handle Pisau:

Handle yang baik akan memberikan kontrol yang maksimum terhadap pisau. akan meningkatkan kecepatan dan keakurasian dalam memotong. Selain itu akan memperkecil kemungkinan terlepas saat dipegang yang akan mengakibatkan kecelakaan kerja seperti terpotong. Tipe handle yang dibutuhkan, tergantung dimana seorang chef bekerja (butchery, hot kitchen, cold kitchen, pastry bakery) dan ukuran pisau tersebut. Handle pisau terbuat dari berbagai macam bahan seperti kayu, komposit, resin, metal dan berbagai macam tipe plastik. Dari setiap bahan-bahan tersebut mempunyai tingkat kenyamanan, bentuk dan estetika masing-masing.

Jalan terbaik sebelum memutuskan membeli sebuah pisau yang nyaman untuk digunakan adalah dengan secara langsung memegangnya ditangan anda. Dengan begitu anda akan merasakan kenyamanan dalam menggunakan pisau tersebut dan akan mengetahui mudah atau susah dalam mengontrol saat pisau tersebut digunakan

 

Kunjungi juga:
Italian food, Pasta dan Latin cookery
Garnishing and Decorating
Perbedaan frosting, Icing dan Glazing

Semoga bermanfaat



Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.