4 Cooking Method You Should Know


4 cooking method yang harus anda tahu

 

A. Efek panas terhadap makanan:

Mineral dan vitamin adalah kandungan gizi yang sangat penting dalam kualitas suatu makanan. Warna dan rasa adalah komponen yang penting terhadap rasa, penampilan suatu makanan dan dan dapat menentukan makanan tersebut mengugah selera atau tidak. Jadi sangat penting untuk memperhatikan elemen diatas.

Semua elemen diatas bisa habis, hilang atau rusak saat kita sedang proses memasak makanan tersebut.

Vitamin dan warna juga akan rusak oleh panas, cara memasak yang lama atau saat bertemu elemen lainnya

Karena itu sangat penting untuk memilih cooking method  yang tepat dan memungkinkan yang menjaga keutuhan gizi dan mejaga penampilan makanan tersebut.

B. Tranfer Panas

Dalam memasak makanan, memindahkan panas dari sumber panas ke bahan mentah, baik langsung atapun tidak langsung dan mengubahnya menjadi makanan matang yang siap untuk dikonsumsi dan aman, baik itu menggunakan sumber panas yang berasal dari gas atau elemen listrik. Memahami cara bagaimanan panas ditranfer dan kecepatan panas yang ditransfer ke bahan makanan yang mentah akan sangat membantu bagi seorang Chef untuk mengontrol proses memasak tersebut sehingga jangan sampai elemen gizi dan warna didalam makanan tersebut terbuang bahkan rusak.

Panas dipindahkan untuk mematangkan bahan makanan mentah menjadi makanan siap dikonsumsi dan aman, dengan 3 cara:

1. Konduksi, konduksi dibagi menjadi 2 cara:

a. Panas dipindahkan ke secara langsung terhadap bahan makanan yang akan dimasak. Contohnya panci yang berisi makanan mentah ditaruh diatas atas kompor.

b. Panas yang dipindahkan secara tidak langsung, seperti saat memasak menggunakan sauté pan, panas akan secara tidak langsung juga akan terasa di bagian handle sauté pan tersebut.

Berbagai bahan equipment untuk memasak, mempunyai bahan yang berbeda-beda, itu akan sangat mempengaruhi proses perpindahan panas dan kecepatan dalam memasak. Panas akan sangat cepat berpindah bila menggunakan equipment dari bahan aluminium dan tembaga. Panas akan lambat berpindah bilang menggunakan equipment yang terbuat dari bahan steinless stell akan sangat lambat bilang menggunakan equipment dari bahan kaca dan porselen. Udara yang paling sulit untuk menghantarkan panas.

2. Konveksi, memasak dengan cara penyebaran panas melalui udara, uap dan cairan temasuk menggunakan minyak. Ada 2 cara memasak menggunakan method konveksi:

a. Natural, menggunakan cairan yang dipanaskan seperti menggunakan kettle atau menggunakan cara deep fryer adalah cara menghantarkan panas yang konstan adalah cara menghantarkan atau menyebarkan panas yang natural.

b. Mekanik, menggunakan convection oven dan convection steamer, kipas yang ada didalam alat tersebut akan menyebarkan panas di dalam equipment tersebut. Panas akan lebih cepat tersebar kepada makanan dan akan menghasilkan makanan yang cepat matang.

Mengaduk makanan adalah termasuk dalam method mekanik. Dengan mengaduk akan mendistribusikan panas akan akan menghindari   pemusatan panas pada dasar panci.

3. Radiasi, radiasi adalah cara memasak menggunakan energi yang dipindahkan menggunakan gelombang ke bahan makanan yang akan dimasak. Gelombang sendiri bukan merupakan sumber panas akan tetapi disini adalah gelombang diubah menjadi energi panas. Ada 2 method radiasi di dalam kitchen:

a. Infra merah, Broilling cara masak yang paling popular dikitchen yang menggunakan infra merah. Didalam broiler, elemen listrik atau elemen keramik yg dipanaskan oleh gas akan mengalirkan infra merah kepada makanan yang dimasak.

b. Microwave, memasak menggunakan microwave, radiasi yang dihasilkan oleh oven, menembus sisi luar makanan menuju bagian dalam makanan dan akan bergesekan dengan molekul-molekul air. Gesekan-gesekan ini yang menghasilkan panas dan akan mematangkan makanan.

C. Waktu Memasak

Lamanya waktu memasak yang dibutuhkan untuk memasak bahan makanan tergantung dari suhu yang diberikan terhadap bahan makanan yang yang dimasak. Lamanya waktu memasak dipengaruhi oleh 3 faktor:

1. Suhu memasak, suhu udara didalam oven, suhu minyak saat menggoreng, suhu permukaan griddle, atau suhu cairan saat memasak bahan makanan.

2. Kecepatan perpidahan panas, perbedaan perpindahan panas di tiap cooking method , akan dicontohkan seperti berikut. Udara merupakan konduktor yang kurang baik dalam menghantarkan panas dan menggunakan steam cooking method akan lebih efisien. Steam (100° C) akan dengan mudah membakar kulit kita. Berdekatan dengan oven yang bersuhu 260° C akan lebih aman dibanding dengan steam diatas. Karena itu mengapa saat mengoven kentang akan memerlukan waktu lebih lama dari pada memasak kentang menggunakan steam.

3. Ukuran bahan makanan, suhu dan karakteristik bahan makanan, contohnya memasak roast beef dalam ukuran kecil akan lebih cepat matang dibanding memasak roast beef dengan ukuran yang lebih besar. Mem-broil daging untuk menu steak, daging yang masih dingin baru keluar dari chiller/freezer akan memakan waktu lebih lama dari pada daging yang telah bersuhu ruangan. Seafood (fish) membutuhkan waktu yang sangat cepat matang dibanding dengan daging atau unggas.

D. Cooking Method

Cooking method dibagi menjadi:

1. Moist heat, dimana panas dihantarkan untuk mematangkan bahan makanan dengan perantara air, termasuk didalamnya menggunakan kaldu dan sauce atau menggunakan tehnik steam. Yang termasuk dalam moist heat adalah

a. Boil

b. Simmer

c. Poached

d. Blanch

e. Steam

f. Braised

cookingmethod2-httpmakingthemostofbeefdotweeblydotcom

Source: http://makingthemostofbeef.weebly.com

2. Dry heat, dimana panas dihantarkan untuk mematangkan bahan makanan dengan perantara udara panas, permukaan yang panas (grilled, gridlle) radiasi dan menggunakan minyak. Dalam method ini biasanya dibagi menjadi 2, yaitu tanpa menggunakan minyak dan yang menggunakan minyak (dry heat using fat). Yang termasuk dalam dry heat adalah:

a. Roast

b. Bake

c. Broil

d. Grill

e. Griddle

f. Pan-broil

3. Dry heat using fat

a. Sauté

b. Pan-fry

c. Deep-fry

4. Microwave cooking

 

Semoga bermanfaat

Saya akan menerangkan lebih lanjut per bagian dalam content saya selanjutnya yang masih membahas cooking method

 

 

Share

5 comments

  • Sampai sedetail itu ya memasak hehehe

    • aulia.firmansyah

      terima kasih sudah mengunjungi blog saya dan atas commentnya. Sebenernya sudah sering kita lakukan tapi mungkin kita krg tau aja mas sdh melakukan itu hehehehehe

  • Simply desire to say your article is as surprising.
    The clearness in your post is simply nice and i could assume you are an expert on this subject.
    Well with your permission allow me to grab your feed to keep up to date with forthcoming post.
    Thanks a million and please carry on the gratifying work.

  • Excellent post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
    Extremely useful info particularly the ultimate phase 🙂
    I handle such info much. I used to be seeking this particular info for a very long time.

    Thanks and best of luck.

  • Hi! I could have sworn I’ve visited your blog before but after going through many
    of the articles I realized it’s new to me. Regardless, I’m certainly
    pleased I came across it and I’ll be book-marking it and checking back often!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *