6 Jenis Sweetener/Pemanis Yang Harus Anda Ketahui




Di pasaran tersedia banyak macam sweetener atau pemanis. Kesemua sweetener atau pemanis tersebut bisa dibagi menjadi 6 jenis, seperti dibawah ini:

  1. Sugar
  2. Sugar alcohol
  3. Natural caloric sweetener
  4. Natural zero caloric sweetener
  5. Modified sugar
  6. Artificial sweetener
a. Sugar:

Sugar mengandung karbohidrat dan mengandung 4 kalori per gram. Sugar banyak ditemukan dalam banyak makanan, seperti buah, sayuran, sereal dan susu. Sugar dapat berbahaya bagi gigi dan cenderung memiliki indeks glikemik tinggi.

Yang paling umum adalah: sucrose, glucose, dextrose, fructose, lactose, maltose, galactose dan trehalose

 

Baca juga: 3 Tepung Terigu yang harus Anda tahu

 

b. Sugar alcohol:

Seperti sugar, sugar alcohol mengandung karbohidrat secara alami, meskipun dalam jumlah kecil, terdapat dalam tumbuhan dan sereal. Sugar alkohol biasanya mengandung lebih sedikit kalori per gram dari sugar dan tidak menyebabkan kerusakan gigi. Karena sugar alkohol adalah mengandung sedikit karbohidrat, Jenis ini harus memiliki 4 kalori per gram. Namun tubuh tidak mampu sepenuhnya memetabolisme jenis ini, dan akibatnya jenis ini cenderung memiliki lebih sedikit kalori per gram. Jenis ini dapat menyebabkan kram atau kembung jika dikonsumsi secara berlebihan. Jenis tidak berbahaya gigi dan cenderung memiliki indeks glikemik sangat rendah. Yang paling umum adalah: Sorbitol, Xylitol, Mannitol, Maltitol, Erythritol, Isomalt, Lactitol, Glycerol

 

c. Natural Kalori Sweetener/Natural caloric sweetener

Ini lebih dikenal dengan pemanis tertua termasuk didalamnya madu dan sirup maple. Jenis ini mengandung gula tetapi juga nilai gizi lain. Jenis ini cenderung memiliki indeks glikemik agak lebih rendah daripada Sugar, tetapi perlu diperhatikan karena jenis ini dapat merusak kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Jenis juga dapat berbahaya bagi gigi. Yang paling umum adalah: Honey, Maple Syrup, Coconut Palm Sugar and Sorghum Syrup.

 

d. Natural Non Kalori Sweetener/Natural zero caloric sweetener

Jenis ini  tidak mengandung karbohidrat dan mengandung kalori sedikit atau tidak mengandung kalori sama sekali. Dalam beberapa tahun terakhir telah berkembang, jenis ini sebagai alternatif yang untuk pemanis buatan. Jenis ini memiliki indeks glikemik nol dan berbahaya gigi. Seperti pemanis buatan mereka dapat memiliki aftertaste. Yang paling umum adalah: Luo Han Guo, Stevia, Thaumatin, Pentadin, Monellin, Brazzein.

 

Baca juga: 13 Vegetables Basic Cutting

 

e. Modified Sugar

Biasanya ini adalah gula yang dihasilkan oleh konversi zat Pati menggunakan enzim. Didalamnya termasuk gula yang telah dimodifikasi seperti karamel atau keemasan sirup. Jenis cenderung memiliki indeks glikemik tinggi dan dapat berbahaya untuk gigi. Jenis ini sering digunakan dalam memasak atau terdapat dalam makanan olahan. Yang umum adalah: High Fructose Corn Syrup, Refiners Syrup, Caramel ,Inverted Sugar, Golden Syrup.

 

f. Artificial Sweetener/Pemanis Buatan

Ada banyak jenis pemanis buatan di pasaran dan beberapa muncul lebih aman daripada yang lain. Jenis ini telah digunakan di Amerika dan Eropa selama lebih dari 120 tahun. Mereka memiliki indeks glikemik nol dan berbahaya gigi. Yang umum adalah: Aspartame, Sucralose, Saccharin, Neotame,Acesulfame K, Cyclamate

Note:

Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah

 

 



Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.