Any Kind of Cheese

Banyak kita temukan beraneka ragam Cheese di sekitar kita. Namun secara garis besar, ada dua jenis keju yaitu tipe soft cheese dan hard cheese.

Soft cheese itu tentunya jenis keju yang lembut, seperti cream cheese dan ricotta cheese.

Sedangkan yang hard cheese itu seperti parmesan, edam, gouda, dll. Singkatnya hard cheese itu umumnya keju yang bisa diparut dan dipotong-potong, kalau soft cheese hanya bisa disendokin aja.

Berikut ini saya coba buat sedikit penjelasan mengenai aneka ragam cheese yang aku rangkum dari berbagai sumber untuk menambah sedikit pengetahuan tentang keju dan semoga bermanfaat.

Cream cheese: dibuat dari heavy/light cream yang diberi ragi sehingga menjadi lunak/cream. Cream Cheese memiliki tekstur halus berwarna putih kekuningan.

Parmesan: merupakan keju keras /hard cheese dari Italia. Berwarna kuning pucat dengan lubang-lubang kecil sebesar jarum. Parmesan juga dijual dalam bentuk grated parmesan.

Mascarpone:  adalah keju kental dari Italia. Berwarna putih. Teksturnya seperti cream cheese. Lazim digunakan untuk pembuatan Cake Tiramisu. Bila tidak ada Mascarpone, untuk Tiramisu, bisa diganti dengan cream cheese dalam jumlah yang sama. Rasanya mirip, namun buat yang fanatik Tiramisu tetap saja bisa membedakan rasanya.


Cheddar : Hard cheese yang berasal dari Inggris. Cheddar dibuat dari susu sapi. Bila cheddar masih muda, warnanya kuning terang dan teksturnya lunak. Ketika makin tua warnanya makin gelap dan tekstur makin keras.

Blue cheese: Keju putih dengan urat-urat biru dan kadang bertekstur empuk. Keju ini beraroma tajam dan pedas. Biasanya dimakan dengan crackers plain atau baquette.

Gouda: Keju ini berasal dari Belanda. Teksturnya keras dan rasanya gurih. Keju ini biasanya dilapisi lilin berwarna kuning. Rasanya hampir sama dengan Edam.

Brie : termasuk keju lunak/soft cheese. Asal dari Perancis. Berbentuk bulat rata dg lapisan luar berwarna putih (jamur). Rasanya gurih, creamy dan agak asin. Awalnya berwarna putih, lama kelamaan menjadi kekuningan setelah proses pematangan. Untuk rasa yang lezat, Brie harus dihidangkan pada suhu ruang untuk langsung dimakan begitu saja.

 

Share

137 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *