Bahan Makanan yang Berasal dari Hewani – Cheese




Bahan Makanan yang Berasal dari Hewani – Cheese

Cheese kira-kira bisa di definisikan  sebagai konsentrasi dari semua bagian milk yang diperoleh dari kongulasi protein, casein dengan menggunakan enzim dan asam atau tidak menggunakan asam yang diproduksi oleh bakteri. Di cheese, mengentalnya cheese bisa diperoleh dengan menambahkan bakteri yang bermanfaat, melt, yeast dan enzim. Cheese yang natural adalah memisahkan milk solid dan milk, dan mengental karena kerja bakteria atau rennet atau mengunakan keduanya, yang sudah mengetal tersebut dipisahkan dari whey (cairan semi transparan yang tertinggal selama proses pengendapan dalam pembuatan keju, whey memiliki warna kuning, rasa sedikit asam dengan aroma yang agak harum) dengan proses, pemanasan, agitating dan pressing. Kebanyakan cheese yang dibuat di US terbuat dari milk sapi, ada juga yang terbuat dari milk dan cream, terbuat dari skim milk dan terbuat dari whey  atau kombinasi dari produk tersebut.

Karakteristik cheese seperti rasa, tekstur, dan konsistensi berbagai cheese tergantung dari:

Bahan dasar milk dalam pembuatannya.

Tipe bakteri dan cetakan saat dalam pembuatannya.

Metode yang digunakan dalam pemasakannya, pemotongannya dan pembentukan dadihnya.

Jumlah garam atau bumbu lainnya saat pemasakannya.

Kondisi saat pematangnnya seperti suhu, kelembapan, waktu pematangannya.

Semua natural cheese harus disimpan dengan di wrapping atau di tempat tertutup di letakkan di dalam refrigerator. Permukaan cheese yang telah dipotong seharusnya dibungkus dengan menggunakan aluminium foil, wax paper atau plastik wrapping untuk menghindari permukaan mengeras karena kering. Bagian besar cheese yang disimpan dalam jangka waktu yang lama sebaiknya disimpan dalam paraffin yang dilelehkan. Cheese menjadi keras dan kering karena disimpan di tempat yang kurang tertutup.



komposisi cheesetipe cheesetipe cheese2

tipe cheese3Kecuali untuk selfrepinned cheese seperti cottage cheese dan craem cheese, merupakan cheese yang mempunyai rasa dan tesktur yang terbaik jjika disajikan di suhu ruangan. Cheese seharusnya dikeluarkan dari refrigerator beberapa jam sebelum disajikan.

Vitamin sangat dibutuhkan oleh manusia, kekurangan sedikit gizi atau vitamin akan mengganggu kesehatan untuk manusia. Sebagai contoh, mengkonsumsi cheese sebanyak 900 gram dalam sehari sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi atau vitamin A sebanyak 33% dan vitamin D 30%. Cheese kaya akan vitamin dan gizi karena bahan dasar pembuatannya adalah milk



penggunaan tipe cheese

penggunaan tipe cheese2

penggunaan tipe cheese3

Semoga bermanfaat




Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.