Bahan Makanan yang Berasal dari Hewani – Egg




Bahan Makanan yang Berasal dari Hewani – Egg

 

 

Egg merupakan makanan serbaguna, yang dimaksudkan disini adalah makanan yang bisa diolah dalam berbagai bentuk makanan dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Egg yang fresh (masih dalam bentuk mentah) dan egg yang telah diolah banyak ditemukan diberbagai macam pasar atau pasar moderen saat ini. Pembeli diharapkan mengetahui egg tersebut akan diolah menjadi makanan apa (karena dipasaran ada berbagai macam egg, seperti ayam, bebek dan puyuh) dan mengetahui kualitas dari egg tersebut.

 



A. Komposisi dari Egg dan nutrisi yang dikandungnya

Shell egg (Kulit) adalah bagian terluar dari egg, yang biasanya berwarna cokelat muda untuk egg yang dihasilkan dari ayam, egg berwarna hijau muda yang dihasilkan dari bebek dan warna campuran untuk egg yang dihasilkan dari puyuh. Ada yang namanya bagian membran yang terletak dibagian dalam dari egg. Sel udara pada bagian bawah egg merupakan bagian yang menjaga kelembapan egg tersebut, sel udara tersebut menunjukkan umur dari egg tersebut (semakin lama egg tersebut berada dipasaran, sel udara pada bagian terbut akan semakin membesar. White egg terdiri dari 3 lapisan. Yang pertama diurutkan dari bagian terluar (dari shell/kulitnya), bagian tersebut seperti kulit ari yang sangat tipis dan lembut, bagian kedua adalah, lapisan selanjutnya adalah bagian yang kental dan berwarna putih dan selanjutnya adalah lapisan yang tipis yang membungkus egg yolk. Chalazae adalah helai tipis putih yang ada di white egg yang berada sisi egg yolk untuk menjaga egg yolk berada pada posisi ditengah. Egg yolk terbuat dari beberapa lapisan yang terpisah dari white egg yang dipisahkan dengan membran yang sangat tipis.

 

Struktur Egg Source: https://www.slideshare.net/gihanwijelath5/the-egg-51976843

Struktur Egg
Source: https://www.slideshare.net/gihanwijelath5/the-egg-51976843

 

Setiap egg mengandung air, protein, fat, mineral, vitamin A, Thiamin (B1), Rhiboflavin (B2), vitamin D dan Niacin. Lechitin yang mengandung phosporus ditemukan di kuning telur dan Egg yang utuh kira-kira mengandung 74 kalori.

 



B. Grade

Grade untuk egg mengacu pada kualitas, kondisi dan penampilan egg tersebut. Di Amerika Serikat, grade untuk konsumen adalah, United State Grade AA (fresh), United State Grade A dan United State Grade B.

Untuk United State Grade AA adalah, telur yang diproduksi dari United State Department of Agriculture Control Program. Egg ini dikirim kepasaran dengan cepat dan dibawah engontrolan yang sangat ketat, dijamin kesegarannya dan kualitas yang premium. Egg yang masuk dalam golongan ini biasanya sangat sosok untuk frying, poaching, boiling dan dibuat untuk produk yang mengutamakan appearance. Untuk grade A kurang lebihnya sama dengan grade AA. Untuk grade B, cocok untuk diolah menjadi scrambled, ommelete yang tidak begitu memerlukan appearance dan untuk keperluan baking.

Kualitas luar dari Egg tergantung dari kebersihannya, bentuk dan tekstur dari shellnya. Warna dari shell tergantung dari spesies dan unggas apa yang menghasilkan egg tersebut. Hal tersebut berpengaruh pada grade, kualitas dan kandungan gizi pada egg tersebut. Kualitas dalam egg akan sangat dipengaruhi dari white egg, egg yolk dan ukuran air cell. Candling adalah proses yang digunakan untuk melihat kualitas dari egg tersebut. Prosses candling adalah menaruh egg didepan sumber cahaya untuk mengecek kondisi shell, egg yolk, white egg dan ukuran dari air cell. Dengan candling juga bisa diketahui egg tersebut dalamnya ada noda darah. Proses candling saat ini sudah digantikan dengan lampu elektronik yang ada disekeliling kita.

Grade Label Source: https://eggsafety.org/types-of-eggs/

Grade Label
Source: https://eggsafety.org/types-of-eggs/

 

Pemberian grade label pada egg bukan merupakan kewajiban, The Department of Agriculture memberikan service grade untuk egg secara cuma-cuma. Permintaan pemberian grade dilakukan dan dibayar oleh produsen atau distributor bahwa egg sesuai dengan standar federal dibawah supervisi.

Ukuran Egg Source: https://eggsafety.org/sizing-up-eggs

Ukuran Egg
Source: https://eggsafety.org/sizing-up-eggs

 

C. Produk Egg

Mengacu pada istilah egg akan merujuk pada produk yang cair, beku dan produk white egg, egg yolk, campuran white egg dan egg yolk. Sugar, salt dan corn sirup ditambahkan pada egg yang akan diolah untuk meningkatkan rasa.  Produk egg lainnya yang tersedia dipasaran adalah hard-cooked egg yang tersedia dipasaran dalam keadaan beku, scrambled egg dan dietary foods. Produk egg tersebut diproduksi dengan sistem yang ketat oleh United State Department of Agriculture. Semua produk tersebut sudah di pastuirisasi untuk menghidarkan dan mengontrol bakteri Salmonella.

 

 




Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.