Cara Membuat Cake Yang Sempurna





Alat yang digunakan:

Selain bahan-bahan yang berkualitas tinggi, alat juga sangat berpengaruh dalam pembuatan cake. Sebelum membuat cake, anda harus mempunyai baking pan, alat dan tehnik yagn sesuai. Anda akan menemukan baking pan dengan berbagai ukuran dan bentuk , dari yang tipis hingga yang tebal.

Akan tetapi memakai bahan-bahan dan alat-alat yang baik belum tentu anda akan menghasilkan kualitas yang sempurna. Dan tidak semua alat-alat yang berkualitas baik berharga mahal.

Baca juga: 3 Tepung terigu yang harus anda tahu

 

Baking Pan:

Bila menginginkan kualitas baking pan, pilihlah baking pan yang berbahan anti karat, berbahan tebal dan berwarna terang. Baking pan dengan warna gelap membawa panas yang terlalu tinggi sehingga akan menghasilkan cake yang kurang baik untuk cake. Bila anda hanya mempunyai baking pan yang berwarna gelap, turunkan suhu oven sekitar 20° C dari suhu yang ditentukan di resep saat mengoven.

Setelah cake yang di oven matang, diinginkan cake beserta baking pan di wire rack (cooling rack), sekitar 10 menit. Setelah itu lepaskan cake dari baking pan dan letakkan di rak. Biarkan cake dingin dengan sendirinya sebelum melanjutkan dengan mendekorasinya.

Round Baking Pan:

Ukuran dan struktur round baking pan faktor terbesar untuk di perhitungkan.

Pertama, ukuran diameter bagian atas baking pan dan diameter bagian bawah baking pan harus sama. Banyak baking pan berbeda ukuran antara diameter bagian yang atas dan yang dasar. Jika anda memiliki baking pan seperti tersebut dan menggunakannya, cake akan mengembang terlalu tinggi dan sisinya miring. Hal tersebut akan membuat cake berbentuk tidak seperti yang anda harapkan dan akan membuat kesulitan saat akan mendekorasinya.

Sebelum baking pan digunakan, olesi dahulu dengan butter yang tebal, bila tidak yakin dengan ketebalan olesan butter tersebut bisa anda tambahkan dengan kertas roti. Setelah diberi kertas roti, olesi kertas roti tersebut dengan butter hingga tebal.

Baca juga: Brown sugar merengue recipe

 

Tube dan Specialty-shaped Baking Pan

Anda dapat menemukan cake dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Hampir semua specialty shaped baking pan adalah berbentuk tube type baking pan. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai macam resep cake. Anda hanya perlu memperhatikan volume isi dari baking pan tersebut dan memastikan adonan cake tersebut sesuai dengan ukuran baking pan. Hindari mengisi baking pan hingga penuh, sisakan kira-kira sepruh dari tinggi baking pan sehingga masih tersedia ruang untuk pengembangan adonan cake.

Meskipun anda menggunakan baking pan berlapis teflon (anti lengket), saya sarankan anda tetap mengoles baking pan tersebut dengan butter untuk menghasilkan cake yang sempurna.

Offset Spatula:

Salah satu alat yang penting dalam pembuatan cake adalah offset spatula. Pegangan yang dimiliki offset spatula, berada diatas cake sementara ujung offset spatula mendekorasi cake. Hal tersebut sangat memudahkan pekerjaan anda.




Share