Cleaning dan Sanitizing Equipment




Cleaning berarti membersihkan kotoran yang terlihat. Sanitizing berarti membunuh bacteria yang dapat menyebabkan sakit. Ada 2 cara untuk membunuh bacteria yaitu dengan menggunakan panas dan menggunakan chemical.

Manual Dishwashing

Gambar dibawah menunjukkan setup 3 kompartemen sink untuk washing dishes, glassware, eating utensils menggunakan tangan

dishwasher 3 compartement

3 Compartement Manual Diswashing

Prosedur:

  1. Scrape dan prerinse. Langkah ini diperlukan untuk menjaga air untuk mencuci tidak cepat kotor.
  2. Gunakan air hangat dengan temperature 43° C – 49°C dan diterjen yang bagus. Scrub dengan sampe bersih dengan menggunakan sikat untuk menghilangkan semua kotoran dan lemak yang menempel.
  3. Berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa deterjen. Ganti air setelah kotor atu gunakan air yang mengalir seperti digambar diatas.
  4. Letakkan utensils di rak dan rendam di air hangat dengan temperature 77° C untuk 30 detik. (untuk memanaskan air di temperature tersebut diperlukan heating dengan tenaga gas atau listrik)
  5. Drain dan air dry. Jangan menggunakan lap untuk mengeringkan utensils, karena dapat mengkontaminasi utensil yang telah dicuci. Jangan menyentuh permukaan sanitized dishes, glasses dan silverware.

Baca juga: 11 Jenis pisau yang harus anda tahu

Mechanical dishwashing

Langkah mencuci menggunakan mesin kurang lebih sama dengan mencuci dengan tangan kucuali mesin tidak melakukan washing, rinsing dan sanitizing.

3 compartement Dishwashing machine.jpg

3 compartement diswasher machine
  1. Scrap dan preinse.
  2. Letakkan dishes di rak agar dishwaser spray akan menjangkau semua permukaan.
  3. Jalankan mesin dishwashing hingga proses selesai.
  4. Sanitizing temperatures:

82° C untuk digunakan di mesin yang mensanitasi dengan panas.

60° C untuk digunakan di mesin yang mensanitasi dengan chemical disinfektan.

  1. Air dry dan inspect dishes, jangan menyentuh permukaan yang akan berhubungan dengan makanan.

1 compartement diswasher machine.JPG

Single Compartement Diswasher Machine

Mencuci kitchen utensils dan equipment

Gunakan 3 kompartemen sink setup yang sama dan gunakan procedure untuk manual dishwashing.

Jangan gunakan bubuk pembersih atau steel wool, penggunaan keduanya akan menimbulkan goresan dimana bacteria bisa bersembunyi di dalam goresan-goresan tersebut. Juga bagian dari steel wool bisa tertinggal dan akan mengkontaminasi makanan.

Utensils yang biasa digunakan untuk mem-baked makanan harus disikat dan disiram dahulu sebelum dicuci. Rendam di kompartemen pertama untuk menghilangkan sisa-sisa baked, lalu di scrap dan prerinse kembali.

Sanitasi equipment kitchen bisa dilakukan dengan menggunakan chemical disinfektan bukan dengan menggunakan panas. Gunakan chemical yang telah direkomendasikan dan ikuti intruksi yang berada di label.

Cleaning dan sanitizing stationary equipment and work surface

  1. Lepaskan stop kontak dari pusat listrik sebelum dibersihkan. Anda dapat terluka parah jika dalam melakukan pembersihan menyentuh bagian yang dialiri listrik.
  2. Jika memungkinkan, lepas peralatan satu persatu. Semua bagian yang dapat direndam, seharusnya dibersihkan dan di saitasi seperti kitchen utensil lainnya.
  3. Cuci semua permukaan yang tersentuh dengan menggunakan larutan deterjen dan cloth yang bersih.
  4. Sanitasi semua permukaan dengan menggunakan larutan deterjen double strength dan cloth yang bersih yang khusus digunakan untuk keperluan tersebut.
  5. Biarkan air dry.
  6. Pasang kembali equipment dengan benar.




Share