Food-borne Disease

Seperti yang anda ketahui, penyakit yang bertalian dengan makanan disebabkan bacteria. Tapi juga ada beberapa alasan, setiap disease memerlukan perhatian khusus seperti bagaimana bacteria menyebar, bagaimana makanan tersebut diolah dan tindakan preventif agar tidak tercemar oleh bacteria.

Bacterial disease

Ada 2 jenis penyakit yang disebabkan oleh bacteria, yaitu intoxication dan infection.

  1. Intoxication. Disebabkan oleh poison (toxins) yang diproduksi oleh bacteria saat bacteria tersebut berkembang biak di makanan. Ini keracunan yang bukan disebabkan oleh bacteria yang terdapat dia makanan tersebut.
  2. Infections. Disebabkan oleh bacteria (atau organism lainnya) yang masuk sistem pecernaan dan menyerang tubuh.

Botulism.

Karena toxins diproduksi oleh bacteria clostridium botulinum, botulism menyerang sistem saraf dan ini biasanya berakibat fatal. Bakteria ini anaerobic (tidak membutuhkan udara untuk berkembang biak) dan tidak berkembang biak di makanan yang mengandung acid yang tinggi. Bacteria ini berkembang karena tehnik pengalengan yang tidak semestinya. Toxins dapat dihancuran saat di rebus dengan suhu 100° C untuk 20 menit.

  1. Source of bacteria. Tanah yang masih terdapat pada sayuran ataupun terdapat pada makanan lainnya.
  2. Foods usually involved. Pengalengan yang dilakukan di rumah, low-acid vegetables (sangat jarang terdapat di makanan kaleng).
  3. Belilah makanan kaleng yang diperuntukkan untuk komersial. Buang langsung kaleng yang rusak tanpa harus mencicipi atau membuka kaleng untuk membaui.

Staphylococcus

Disebabkan oleh racun yang terdapat di makanan yang diproduksi oleh bacteria staphylococcus aureus, staph yang paling umum meracuni makanan, dengan karakteristik perut mual, muntah, kram perut, dan diare.

  1. Source of bacteria. biasanya terjangkit oleh pekerja pengolahan makanan yang telah terjangkit bacteria tersebut.
  2. Food usually involved. Custard dan dessert yang terbuat dari dairy products, potato salad, protein salads, ham, hollandaise sauce dan masih banyak lagi terutama makanan yang mengandung protein yang tinggi.
  3. Hygiene dan kebiasaan kerja yang baik. Jangan bekerja mengolah makanan bila anda merasa sakit atau terinfeksi bakteria tersebut. Bersihkan dan sanitasi semua equipment dan simpan makanan di temperature di bawah 5° C dan diatas 60°C.

Salmonella

Dikarenakan makanan yang telah tercemar oleh bacteria Salmonella. Gejala Salmonella symptoms hampir sama dengan gejala yang terdapat di Staph, meskipun bacteria ini dapat bertahan lebih lama. Hampir keseluruhan unggas mengandung bacteria ini.

  1. Source of bacteria. Bakteria ini mengkontaminasi daging dan unggas. Juga disebabkan oleh tinja pekerja pengolahan makanan yang telah terinfeksi.
  2. Food usually involved. Unggas, daging, telur, poultry stuffing, gravies, makanan mentah, shellfish yang hidup di air yang yang tercemar.
  3. Personnel hygiene yang baik. Pengolahan dan penyimpanan makanan yang benar, mengontrol Insect dan rodent, mencuci tangan dan mensanitasi semua equipment dan mencuci semua peralatan setelah memasak unggas yang mentah. Menggunakan shellfish dari produsen yang telah dipercaya.

Clostridium perfringens

Ini adalah infeksi lainnya yang disebabkan oeh bacteria Clostridium perfingers dengan karakteristik mual, kram pada perut, sakit perut, dan diare. Bacteria ini sangat sulit untuk basmi karena bacteria ini tidak selalu mati oleh temperature saat memasak.

  1. Source of bacteria. Tanah yang telah tercemar, daging segar, dan manusia yang telah terjangkit oleh bacteria ini.
  2. Food usually involved. Daging dan unggas. Gravies dan sauce yang dipanaskan kembali atau yang tidak disimpan di refrigerator.
  3. Menjaga makanan tetap panas (diatas 70° C) atau menjaga makanan tetap dingin (dibawah 5° C).

Infeksi Streptococcal (strep)

  1. Source of bacteria. Orang batuk dan bersin yang telah terinfeksi oleh bacteria ini dan pekerja pengolahan makanan yang telah terinfeksi bacteria ini.
  2. Food usually involved. Semua makanan yang telah terinfeksi oleh batuk, bersin atau tercemar oleh pekerja pengolahan makanan yang telah tercemar bacteria ini.
  3. Jangan mengolah makanan bila telah tercemar bacteria ini. Lindungi display food (salad bar, pastry carts).

Food infections lainnya

Infeksi hepatitis. Ini adalah penyakit parah yang dapat berlangsung berbulan-bulan yang disebabkan oleh virus.

  1. Source of contaminations. Shellfish yang berasal dari perairan yang tercemar dan dari pekerja pengolahan makanan yang telah terinfeksi oleh virus hepatitis.
  2. Food usually involeved. Shellfish yang dikonsumsi mentah, semua makanan yang telah terkontaminasi oleh orang yang telah terinfeksi virus tersebut.
  3. Kesehatan dan hygiene yang baik, gunakan shellfish dari produsen yang terpercaya dan berasal dari perairan yang tidak terkontaminasi.

Trichinosis. Penyakit ini pada awalnya dikira flu tapi bisa berlangsung bertahun-tahun. Dikarenakan oleh tiny worm yang berada di otot.

  1. Source of contamination. Berasal dari babi yang memakan sampah tanpa proses sebelumnya.
  2. Food usually product. Segala makanan yang terbuat dari produk babi olahan.
  3. Masak semua produk babi olahan dengan temperature setidaknya 65° C, tapi direkomendasikan dengan temperature 74° C.

Keracunan chemical

Kecuali keracunan yang disebabkan oleh timah, gejala penyakit ini akan akan berlangsung dengan sangat cepat, biasanya kurang dari 30 menit setelah mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi. Untuk mencegah penyakit ini hindari penggunaan material yang bisa menimbulkan penyakit ini.

  1. Dikarenakan menyimpan dan memasak makanan yang mengandung asam di enamelware yang telah terkelupas.
  2. Dikarenakan cadmium yang terdapat di plat tray atau container untuk membuat ice cube.
  3. Dikarenakan oleh silver polish yang mengandung cuanide.
  4. Dikarenakan oleh lead yang terdapat di pipa air atau utensil yang mengandung lead.
  5. Dikarenakan kurang bersihnya dan terdapat korosi di utensils yang berbahan copper atau minuman yang berkarbonasi bersentuhan dengan botol yang mengandung copper.
  6. Dikarenakan oleh makanan yang dimasak dengan equipment yang berbahan zink.
Share

13 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *