Microwave Cooking

Microwave Cooking

 

Microwave adalah alat spesifik yang digunakan dalam pengolahan makanan diluar dry heat cooking dan moist heat cooking. Keduanya (dry heat cooking dan moist heat cooking) bisa juga menggunakan microwave. Alat ini digunakan biasanya untuk memanaskan makanan yang telah matang dan mengempukkan makanan matang maupun mentah dari proses pembekuan. Juga bisa digunakan untuk mengolah bahan makanan mentah menjadi bahan makanan matang yang siap untuk dikonsumsi.

Microwave adalah alat yang sangat membantu petugas pengolahan makanan dalam pekerjaannya, Sebelum menggunakan microwave, petugas pengolahan makanan harus mengerti  dan menjalankan apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Memasak dalam jumlah kecil bahan makanan menggunakan microwave yang standar  tidak akan menggosongkan bahan bahan makanan tersebut, beberapa model microwave dilengkapi element yang berfungsi seperti di alat memasak konvensional.

Perhatikan waktu yang digunakan, tidak memperhatikan waktu dalam penggunaan microwave, adaah kesalahan yang sering terjadi dan terjadi berulang-ulang.

Memanaskan bahan makanan atau makanan dalam jumlah banyak, seharusnya dilakukan berulang-ulang, tidak bisa hanya sekali saja. Mematikan dan menyalakan kembali berulang-ulang microwave, sering dilakukan dalam memanaskan bahan makanan/makanan yang dalam jumlah banyak, untuk menghindari panasnya yang dihasilkan microwave tidak menjalar ke interior microwave.

Jangan menggunakan atau memasukkan alat/bahan yang terbuat dari metal kedalam microwave, yang akan dapat berakibat merusakkan microwave tersebut.

Semakin banyak bahan makanan atau makanan di dalam microwave, akan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk mengolah makanan tersebut.

clean_microwave

Microwave, Source: http://www.dvo.com/

Share

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *