Perbedaan Frosting, Icing dan Glaze

Frosting dan icing adalah hal yang sama tapi beda dalam penyebutan atau penamaan. Orang Amerika pada umumnya lebih banyak menyebutnya dengan Frosting, sedangkan oran eropa lebih banyak menyebutnya dengan Icing.

Sedangkan Glaze adalah nama yang berarti lapisan yang mengandung gula, yang biasanya untuk melapisi (mendekorasi) cake (sponge).

Cake Decorating

Banyak toko pastry dan bakery merasa sangat kuwalahan bila ada pesanan cake (sponge) yang menggunakan dekorasi. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu terjadi bila pekerjaan sudah direncakan (planning) jauh-jauh hari.

Hari pertama atau hari H minus 1, bisa membuat cake (sponge), setelah matang dan dingin bisa disimpan di dalam chiller atau freezer. Hari kedua, keluarkan cake (sponge) dari dalam chiller atau freezer lalu sisihkan. Biarkan cake (sponge) beradabtasi dengan suhu ruangan sebelum di dekorasi.

Hal tersebut akan sangat meringankan pekerjaan anda, selain itu lebih mudah mendekorasi cake (sponge) yang telah dibikin sehari sebelumnya dari pada mendekorasi cake (sponge) yang dibikin pada hari yang sama. Dikarenakan cake yang yang baru atau yang dibikin pada hari yang sama dengan saat medekorasinya, teksturnya sangat empuk jadi ada kesulitan tersendiri saat mendekorasinya.

Seberapa banyak frosting dan icing yang diperlukan untuk mendekorasi sebuah cake? semuanya tergantung dari seberapa kental frosting atau icing yang akan anda gunakan dan detail dari dekorasi yang akan anda terapkan pada cake (sponge) tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, anda akan membutuhkan 500 ml hingga 750 ml frosting atau icing untuk mendekorasi 2 layer cake (sponge) dengan diameter 23 cm.

Icing Cake

  1. Gunakan offset spatula, untuk menempelkan icing di permukaan cake (sponge), dimulai dari sisi samping selanjutnya ke sisi atasnya.
  2. Haluskan dimulai dari sisi sampingnya menggunakan offset spatula selanjutnya ke sisi atas.
  3. Setelah seuruh permukaan halus, anda bisa memulai untuk medekorasinya. Pertama bisa menggunakan triangle comb untuk membuat garis disisi samping cake tersebut.
  4. Sekarang haluskan lagi menggunakan offset spatula, ujung sisi samping yang berhimpitan dengan sisi atas.

Glazing Cake

Kebanyakan chocolate yang dilelehkan yang digunakan untuk meng-glazing cake (sponge). Chocolate dalam keadaan cair dan hangat sehingga memudahkan anda dalam melakukan glazing terhadap cake (sponge) dengan cara menuangkan chocolate tersebut ke permukaan cake (sponge). Chocolate cair tersebut akan dengan mudah mengikuti seluruh lekuk permukaan cake (sponge).

Untuk menghindari kotornya kitchen karena glaze dan glaze yang terbuang, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Siapkan baking tray ukuran 60 cm x 40 cm diatas meja.
  2. Letakkan cooling rack diatas baking tray ukuran 60 cm x 40 cm.
  3. Letakkan cake (sponge) diatas cooling rack dengan cara sisi bawah cake (sponge) menghadap keatas.
  4. Sekarang anda bisa menuangkan glaze diatas permukaan cake (sponge). Sisa dari glaze akan dengan sendirinya akan jatuh dan di tampung di baking tray. Setelah selesai semuanya, anda bisa menggunakan kembali sisa glaze yang ada di baking tray untuk keperluan lainnya.
Share

2 comments

  • It’s difficult to find experienced people on this subject, but you
    seem like you know what you’re talking about! Thanks

  • Have you ever thought about creating an ebook or guest authoring on other websites?

    I have a blog based upon on the same subjects you discuss and would
    really like to have you share some stories/information. I know my subscribers would enjoy your work.
    If you are even remotely interested, feel free to send me an email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *